Tips Merawat Furniture



Anda pecinta furniture atau perabot yang terbuat dari kayu? Dari dulu hingga sekarang memang peminat furniture kayu tidak pernah surut. Furniture kayu memberikan kesan natural dan sejuk kedalam rumah anda. Unsur seni dan artistik sangat identtik dengan furniture kayu. Selain itu, kesan klasik yang dibawa furniture kayu juga tidak habis dimakan waktu, hal ini tentu berbeda dengan furniture dari bahan material lain yang mudah terlihat ketinggalan jaman. Namun semua kelebihan itu juga harus diimbangi dengan cara merawat furniture kayu yang benar dan tepat, salah-salah perawatan akan membuat furniture kayu anda akan cepat lapuk dan kusam.

Furniture kayu dapat terlihat menarik dan tahan lama tentu apabila dirawat dengan benar dan juga rajin dibersihkan. Jika tidak sering dibersihkan, tentu banyak debu dan kotoran yang menempel, sehingga furniture kayu akan terlihat kusam dan tidak menarik. Anda juga tidak boleh sembarangan melakukan perawatan terhadap furniture kayu tanpa pengetahuan yang benar. Kecerobohan kecil yang terus dilakukan dapat membuat furniture kayu Anda menjadi kusam, tergores, lapuk, bahkan lama-kelamaan rusak. Tidak ingin hal tersebut terjadi pada furniture kayu jati Anda? Yuk, simak cara merawat furniture dari bahan kayu berikut ini :

Perhatikan penempatan furniture Anda beserta dengan keadaan disekitar furniture.
Tidak berbeda jauh dari cara merawat dan membersihkan lantai kayu, bahan kayu cukup sensitif terhadap suhu baik panas maupun dingin. Suhu panas biasanya dari sinar matahari dapat membuat minyak yang terdapat kayu menjadi kering, sehingga nuansa alam yang dibawa furniture kayu lama-kelamaan dapat pudar. Selain itu panas dapat membuat kayu menjadi melengkung dan retak atau pecah. Terkena sinar metahari berlebih juga dapat membuat furniture kayu menjadi kusam. Selain suhu yang tinggi, suhu ruangan yang rendah dan kurang cahaya cenderung membuat udara menjadi lembab. Kelembababn akan membuat oksidasi kayu menjadi tinggi. Udara yang lembab juga dapat menyebabkan jamur, rayap, dan serangga kayu lainnya berkembang biak dan merusak furniture kayu di rumah Anda.

Hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada furniture kayu menggunakan vacuum cleaner mini. 
Debu dan kotoran yang menempel akan membuat furniture kayu jati menjadi terlihat kusam dan lama-kelamaan akan menjadi lapuk. Anda juga dapat menggunakan lap berbahan lembut yang sudah diberi cairan khusus pembersih kayu agar furniture kayu lebih bersih dan kembali mengkilap. Pilih cairan khusus pembersih kayu yang memiliki kualitas baik. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaiannya.

Khusus untuk furniture kayu yang tidak dilapisi vernis, usahakan untuk menghindarkan furniture kayu dari air.
Tanpa lapisan vernis, furniture kayu yang Anda miliki dapat dengan mudah menyerap cairan yang mengenainya. Hal ini akan membuat furniture kayu menjadi cepat lapuk, keropos, dan rusak. Jika furniture kayu terkena tumpanan air atau minuman, usahakan segera mengeringkannya dengan lap berdaya resap tinggi untuk mencegah cairan meresap pada furniture kayu. Untuk membersihkan furniture kayu yang tidak divernis, Anda tetap boleh menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan sabun berformula lembut. Celupkan lap lembut, lalu peras lap hingga kesat, dan secara cepat gunakan untuk membersihkan furniture kayu. Jika sudah sesegera mungkin keringkan dengan lap lain agar untuk mencegah air terserap ke dalam pori-pori kayu.

Furniture kayu terkena noda atau kotoran yang lengket, usahakan agar Anda cepat-cepat membersihkannya.
Gunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk menyeka kotoran dan noda lengket tadi. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut untuk menggosok kotoran yang melekat pada furniture kayu hingga kotoran dan noda benar-benar hilang. Perhatian, jangan biarkan lap basah menempel pada furniture kayu terlalu lama karena dapat menyebabkan kayu menjadi rapuh dan lapuk.

Sering-seringlah membersihkan bagian ukiran pada furniture kayu Anda. 
Bagian yang harus dibersihkan ialah sela-sela ukiran dan sudut-sudut furniture jati dimana debu, kotoran, maupun jamur mudah bersarang. Anda dapat menggunakan kuas halus dengan ukuran kecil untuk membersihkannya. Berikan cara membersihkan furniture kayu ini untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau saat dibersihkan menggunakan kain lap biasa.

Cara menangani furniture yang terbuat dari kayu haruslah hati-hati. 
Misalnya saja jika Anda ingin memindahkan kursi tamu dari kayu, Anda harus mengangkat kursi kayu dengan benar. Yaitu dengan mengangkat bagian tempat duduknya, bukan dipindahkan dengan cara digeser ataupun diangkat hanya pada bagian sandarannya saja. Dengan memberihkan perhatian kecil pada furniture kayu, niscaya furniture kayu Anda dapat bertahan lebih lama.

Untuk Furniture yang terbuat dari kayu Jati, lakukan pemolesan terhadap kayu Jati. 
Jika Anda termasuk orang yang menyukai jati dengan warna alaminya, Anda dapat menggunakan cairan minyak jati untuk memoles mebel atau furniture jati Anda. Pemolesan diperlukan secara rutin agar menjaga furniture jati tetap mengkilap, menawan, dan semakin antik.

Rajin membersihkannya setiap hari.
Perawatan apa yang harus Anda lakukan setiap hari? Yaitu cukup dengan menyapu dan mengelap bagian permukaan meja kayu, mebel kayu, kursi kayu, ataupun furniture kayu lainnya denganlap lembut ataupun kemoceng secara merata. Berikan perhatian pada bagian yang sulit dibersihkan misalnya pada bagian ukir-ukiran.
Menggunakan cairan “Pledge” untuk membersihkan permukaan furniture berbahan kayu, baik kayu jati maupun kayu yang lain.
Caranya dengan menyemprotkan pledge ke permukaan furniture kayu, baik itu mebel, meja, kursi, dll. Semprotkan seperlunya saja, jangan lupa untuk menyemprot pula pada bagian sela-sela furniture. Pledge dengan mudah dapat Anda dapatkan di toko furniture. Mintalah pledge dengan kualitas baik. Selanjutnya Anda dapat membersihkan pledgemenggunakan kain ball. Kain ball dapat dibeli ditoko bangunan atau toko material dikota Anda.

Menjaga keindahan warna kayu dan memperpanjang usia proteksi dari lapisan coating, Anda dapat menggunakan biopolis untuk memoles lapisan furniture kayu. Rajin memoles lapisan furniture kayu penting dilakukan terlebih jika Anda meletakan furniture kayu diluar ruangan.

Demikianlah 10 (Sepuluh) Tips Merawat Furniture Kayu anda agar tetap awet seperti baru. Selamat Mencoba….!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

100+ Kursi Tamu Terbaru 2018

Hati-Hati Merancang Desain Rumah Leter L

Mengenal Desain Rumah Panggung yang Unik