Desain Konsep Supermarket Minimalis Modern


Boleh dibilang supermarket termasuk bangunan komersial dimana secara desain tentu berbeda dengan rumah-rumah biasa. Bagi para pelaku bisnis tentu tidak mau ambil resiko dengan membangun supermarket megah namun kurang menarik minat konsumen. Solusinya, desain supermarket minimalis menjadi pilihan ditengah ramainya persaingan bisnis, apalagi jika ditinjau dari segi lokasi letak supermarket kurang strategis. Hal inilah yang membuat supermarket minimalis semakin berkembang sekaligus sebagai strategi bisnis.

Ciri khas supermarket minimalis luas bangunannya tidak begitu besar, namun daya tarik bangunan ini terletak pada pengaturan ruangan dengan prioritas aksen kotak-kotak sehingga terlihat lebih menarik tanpa meninggalkan kesan modern didalamnya. Selain keuntungan dari sisi penghematan lahan, supermarket minimalis memberi banyak keuntungan seperti kemudahan penataan produk yang dijual sekaligus juga memberi kemudahan pada konsumen saat mencari produk yang dikehendaki. Hal ini penting mengingat masyarakat umumnya lebih memilih tempat yang memberi banyak kemudahan dan kenyamanan saat berbelanja.

Pengaturan Elemen Ruangan

Supermarket yang dibangun dengan konsep minimalis memang tidak memiliki luas bangunan yang besar dengan maksimal 2 lantai saja. Yang lebih ditekankan pada desain supermarket minimalis terutama adalah layout atau sistem tata ruang yang sempurna. Sebagaimana kita ketahui, supermarket merupakan tempat orang-orang berinteraksi sekaligus bertransaksi dengan orang lain dalam jumlah yang tidak bisa dipastikan. Untuk itu desain interior supermarket harus mengacu pada kondisi tersebut agar nantinya ruangan tidak terlalu penuh jika sedang ramai pengunjung.

Untuk menambah space ruang pada supermarket minimalis sebaiknya membatasi jumlah elemen-elemen dalam ruangan. Misalnya penggunaan rak, rak memang salah satu elemen paling penting dalam struktur interior supermarket. Untuk menghemat luas ruangan sebaiknya menggunakan rak yang tinggi bukan rak yang lebar. Produk-produk yang dijual bisa dipajang dengan skema dari atas ke bawah atau sebaliknya, atau berdasarkan harga dari masing-masing item. Penggunaan rak yang tinggi jauh lebih efektif untuk membuat ruangan menjadi lebih lega, dibanding rak yang didesain lebar yang justru mempersempit ruang gerak konsumen dalam memilih produk.

Untuk rumah minimalis sendiri juga perlu memperhatikan permainan warna. Untuk pilihan warna sendiri sebaiknya diaplikasikan warna-warna netral terutama warna putih yang menjadi ciri khas supermarket modern. Penggunaan rak wall atau rak single dibagian kiri dan kanan ruangan serta beberapa rak kaca dapat menambah nilai estetika dari supermarket minimalis itu sendiri.

Faktor pencahayaan ruangan juga penting untuk diperhatikan. Cahaya terang dari setiap sudut ruangan mampu memberi efek tersendiri pada produk yang dijual. Dalam hal ini cahaya yang digunakan sebaiknya lebih terang terutama untuk produk-produk makanan segar. Yang terpenting dari desain supermarket minimalis adalah lorong-lorong diantara rak-rak pajangan harus dibuat lebih lebar untuk mepermudah ruang gerak konsumen apabila banyak pengunjung yang datang. Semoga artikel dari mebel jepara bermanfaat untuk anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati-Hati Merancang Desain Rumah Leter L

100+ Kursi Tamu Terbaru 2018

Mengenal Desain Rumah Panggung yang Unik