Mengenal Desain Rumah Panggung yang Unik

https://www.kurniafurniture.com/daftar-harga-  kursi-kayu-ruang-tamu-minimalis/

Rumah panggung masih sering digunakan di beberapa daerah di Indonesia. Desain rumah panggung ini dipilih karena beberapa alasan. Beberapa diantaranya adalah sebagai tindakan antisipasi atas bencana alam atau hewan liar. Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang membangun rumah panggung karena memang suka dengan arsitekturnya yang unik dan beda daripada yang lain. Arsitektur rumah seperti ini masih sering di temui di daerah pedalaman Kalimantan dan Sumatra. Rumah tradisional ini juga sering digunakan di daerah Jawa Barat, pulau Sumbawa, dan juga Lombok. Dewasanya rancangan atau desain rumah punggung tidak serumit yang kita pikirkan.

Arsitektur rumah ini dibagi menjadi tiga, yaitu bagian bawah untuk pilar penyangga dan pondasi, bagian tengah sebagai induk rumah, dan bagian atap yang bisa berguna untuk gudang penyimpanan. Rumah panggung kerap memakai pondasi rumah yang berupa penampang belah ketupat, penampang segienam berundak, atau penampang lingkaran. Dari sekian banyak penampang yang ada, penampang lingkaranlah yang paling umum digunakan. Ini dikarenakan penampang lingkaran mudah dibuat, memakai bahan yang fleksibel dan juga hemat biaya.Memang bagian paling bawah atau pondasilah yang memegang peranan paling penting untuk desain rumah panggung. Keselamatan dan kenyamanan sang penghuni bergantung kepada kuat atau tidak pondasi rumah.

Beralih ke bagian tengah rumah panggung yang terdiri dari beberapa ruangan, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Biasanya ruang-ruang ini dibagi sesuai dengan kebutuhan penghuninya seperti menambahkan kursi kayu ruang tamu minimalis. Bahkan beberapa desain rumah panggung hanya menggunakan pertisi sederhana untuk menyekat tiap ruangnya. Desain rumah panggung modern biasanya sudah dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi permanen. Letak dari dapur dan kamar mandi ini pun beragam sesuai dengan selera dan kebutuhan, bisa di bagian tengah atau bagian bawah rumah panggung tersebut. Atap rumah panggung pun cenderung luas dan bisa digunakan untuk gudang penyimpanan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Rumah panggung kini dibuat dengan sangat fungsional. Misalnya dengan memanfaatkan kolong rumah panggung untuk tujuan lain. Seperti tempat beternak, garasi rumah untuk memarkir kendaraan, bahkan ada yang memanfaatkan kolong rumah panggung ini
sebagai toko dan masih banyak lagi fungsi-fungsi
dari desain rumah panggung yang kini sudah disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Aspek-aspek khas dari rumah panggung memang tidak pernah membosankan untuk dibahas. Banyak orang yang merasa tertarik dengan desain rumah panggung karena faktor keindahan dan estetika semata. Namun ada pula yang membangun rumah panggung ini untuk melestarikan kebudayaannya. Ada pula yang membangun rumah panggung karena Anti-Mainstream atau berbeda daripada yang lain. Apapun alasannya, rumah tetaplah rumah untuk berlindung yang membuat penghuninya merasa nyaman dan aman. Demikian artikel dari kami Mebel Minimalis Jepara Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

100+ Kursi Tamu Terbaru 2018

Hati-Hati Merancang Desain Rumah Leter L