Desain Rumah Jawa Modern



Memiliki rumah yang nyaman tidak selalu harus bergaya itu-itu saja. Mencoba konsep baru, atau bahkan memperbaharui konsep lama bisa dijadikan pilihan. Kekhasan tersendiri dapat Anda dapatkan dari konsep desain rumah Jawa modern. Sudah banyak orang loh yang terpikat dengan bentuk dan temanya yang unik. Sayangnya, sebagian orang lainnya masih menganggap konsep ini terkesan kuno. Padahal rumah adat tidak selamanya seperti itu. Desain rumah jawa seperti ini dapat dibuat menjadi lebih modern. Konsep modern bisa dipadukan dengan kekhasan rumah tradisional jawa.
Ketika mencari di Internet, banyak sekali gambar-gambar rumah joglo yang bisa menjadi inspirasi Anda, mulai dari yang sangat tradisional sampai yang sudah tercampur dengan unsur-unsur modern. Meskipun dikombinasikan dengan unsur modern, satu yang harus selalu Anda ingat, yaitu jangan sampai kehilangan kekhasan gaya joglo dari rumah Anda. Namun, perubahan-perubahan kecil saja tidak masalah. Alasan dari hal tersebut adalah untuk mempertahankan faktor kebudayaan dari rumah joglo. Jika ciri khasnya hilang, maka rumah joglo tersebut sama saja dengan rumah biasa. Demi menonjolkan ciri khasnya, Anda harus memikirkannya dari dua sisi, yaitu sisi eksterior dan interiornya.

Untuk bagian eksterior, kekhasan rumah joglo terletak pada atapnya yang berbentuk limas dan teras yang luas. Rumah jawa memang terkenal dengan bubungan atapnya yang tinggi dan menjulang. Memang disinilah kekuatan dari rumah bergaya jawa. Sedangkan untuk bentuk bangunannya, biasanya berbentuk persegi panjang. Jangan sampai Anda menghilangkan ciri khas eksterior dari rumah tradisional jawa ini. Memiliki halaman juga merupakan sebuah keharusan untuk rumah adat jawa.

Beralih ke interiornya yang berbeda dari rumah berkonsep biasa, desain rumah jawa modern memang sering dibuat cukup luas dengan meminimalisir pemakaian sekat. Konsep rumah jawa yang satu ini mirip-mirip dengan konsep rumah minimalis. Kemudian pemakaian tiang-tiang di teras atau dalam rumah adalah keciri-khasan lainnya dari rumah adat jawa. Untuk material lantai, tidak ada patokan tersendiri. Bisa Anda sesuaikan sendiri dengan selera Anda, entah itu lantai kayu, keramik, atau marmer.

Unsur modern untuk desain rumah jawa modern dapat dibawa dari perabot-perabot dalam rumah Anda. Meja kayu yang dipadukan dengan sofa bergaya modern di ruang tamu Anda bisa memberikan keunikan tersendiri. Dan juga untuk ruang kamar bisa dipadukan tema modern seperti menempatkan Tempat Tidur Minimalis. Perbanyak perpaduan antara warna coklat dan putih. Sedikit warna abu-abu dan hitam pada ornamen rumah dapat membuat rumah Anda menjadi terkesan lebih modern dan masa kini. Ciri modern juga dapat ditampilkan dari tembok bergaris ala minimalis yang sedang popular sekarang ini. Jadi tidak selalu harus memakai kayu untuk material pada desain rumah jawa modern.
Itulah beberapa tips mudah yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk membuat desain rumah yang unik dan berbeda daripada yang lain. Selamat membangun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati-Hati Merancang Desain Rumah Leter L

100+ Kursi Tamu Terbaru 2018

Mengenal Desain Rumah Panggung yang Unik